Rabu, 29 September 2010

Sebelum masuk kedalam pokok bahasan kita yakni mengenai perbedaan LAN dan WAN dilihat dari sisi teknologi(Peralatan yang digunakan) alangkah baiknya kita mengetahui dulu apa yang di maksud dengan LAN dan WAN.
Local Area Network (LAN)
Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggrislocal area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampusgedungkantor, dalam rumahsekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
Wide Area Network (WAN)
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.                                                                                                                                                                                                                                        Gambar 2. WAN 
         Dengan memiliki karakteristik sebagai berikut : 
  1. Area Geografis yang besar 
  2. Crossing Public Rights Of Way 
  3. Rely In Part on Common carrier circuits 
  4. Teknologi Alternatif
Setelah mengetahui apa itu LAN dan WAN . . . 
Dan sekarang kita meninjau dan membedakan antara LAN dan WAN yang dilihat dari sisi teknologi yang di pakai.
Isu utama yang memisahkan WAN teknologi dari teknologi LAN adalah skalabilitas - WAN harus mampu tumbuh dapat terhubung situs yang mungkin ribuan mil terpisah. Selain itu, WAN harus menyediakan kapasitas yang cukup untuk memungkinkan komputer untuk berkomunikasi secara bersamaan.
WAN dan LAN, (termasuk Ethernet dan Token Ring) mengandalkan terutama pada packet switching, tetapi mereka juga menggunakan switching sirkuit, switching pesan, dan, baru-baru ini berkecepatan tinggi packet switching teknologi yang relatif dikenal sebagai relay sel.
Packet switching, meskipun juga terlibat dalam data routing di dalam dan antar LAN seperti Ethernet dan Token Ring, juga merupakan tulang punggung WAN routing. Ini bukan jalan raya di mana data paket perjalanan, tapi itu adalah sistem pengiriman dan sampai batas tertentu kontainer kargo yang membawa data dari satu tempat ke tempat. Dalam arti, switching paket Federal Express atau United Parcel Service dari suatu WAN.
Komponen dasar dari suatu WAN switch paket karena bergerak paket-paket dari satu sambungan ke yang lain, melainkan terdiri dari-tujuan hardware khusus dengan memori, prosesor, dan I / O konektor. Sebuah saklar paket.


Kecepatan tinggi perangkat I / O menghubungkan satu beralih ke yang lain. perangkat kecepatan rendah connnect beralih ke komputer.Hardware sebenarnya tergantung pada teknologi WAN dan kecepatan yang dibutuhkan, dan kebanyakan bentuk-to-point titik komunikasi digunakan.
Sebuah set saling switch bentuk paket WAN. 


Gambar 4. Paket Switching
The-kecepatan koneksi tinggi bisa disewakan sirkuit data, serat optik, microwave, saluran satelit, dll WAN ini memungkinkan komputer untuk mengirim paket secara bersamaan. Hal ini dikenal sebagai menyimpan dan maju, dan sebuah saklar paket harus mampu buffering paket yang datang (toko) sampai dapat mengirim mereka dalam perjalanan mereka (forward).
Sebuah WAN beroperasi dalam cara yang sama seperti LAN. Setiap teknologi WAN mendefinisikan format frame yang akan digunakan dan masing-masing komputer yang terhubung ke saklar dialokasikan alamat fisik. Banyak WAN menggunakan pengalamatan hirarkis yang menyederhanakan forwarding. Skema sederhana membagi alamat menjadi dua bagian, satu mengidentifikasi packet switch dan komputer lain yang terhubung ke switch itu. 


Dalam prakteknya, sebuah alamat fisik direpresentasikan sebagai bilangan biner tunggal, dengan beberapa bit mewakili saklar dan bit-bit lainnya komputer.


Sebuah saklar paket menggunakan alamat tujuan untuk memutuskan bagaimana meneruskan paket, yaitu sambungan mana yang digunakan.Tidak menyimpan informasi lengkap tentang semua tujuan, namun memiliki informasi mengenai hop berikutnya untuk mengirim paket dekat tujuan. Hal ini disebut berikutnya-hop forwarding yang perlu diperhatikan bahwa berikutnya hop forwarding tidak tergantung pada Teman asli sumber paket atau di jalan paket telah diambil sebelum tiba di saklar. Hal ini dikenal sebagai sumber kemandirian dan mendasar untuk meneruskan paket.

http://id.wikipedia.org/wiki/Local_area_network
http://id.wikipedia.org/wiki/WAN
http://www.wb.nic.in/nicnet/lan1.html
Categories:

4 komentar:

  1. As-salāmu‘alaikum wa raḥmatullāhi wa barakātuh.

    Saya mengucapkan terima kasih atas informasinya, minta izin juga copas buat tugas sekolah .

    BalasHapus
  2. As-salāmu‘alaikum wa raḥmatullāhi wa barakātuh.

    Saya mengucapkan terima kasih atas informasinya, minta izin juga copas buat tugas sekolah . tanpa menyertakan sumber mohon maaf ( mohon dimaklumi ).

    BalasHapus
  3. As-salāmu‘alaikum wa raḥmatullāhi wa barakātuh.

    Saya mengucapkan terima kasih atas informasinya, minta izin juga copas buat tugas sekolah . tanpa menyertakan sumber mohon maaf ( mohon dimaklumi ).

    BalasHapus
  4. As-salāmu‘alaikum wa raḥmatullāhi wa barakātuh.

    Saya mengucapkan terima kasih atas informasinya, minta izin juga copas buat tugas sekolah . tanpa menyertakan sumber mohon maaf ( mohon dimaklumi dan mohon ridho nya ).

    BalasHapus

  • Blogger news

  • Blogroll

  • About